Penyebab dan Solusi Masalah Delivery To The Following Recipient Failed Permanently - Banyaknya calon pelamar Pendamping Desa 2016 yang mendapat masalah gagal mengirim email ke alamat panselpp2016 beberapa hari belakangan ini cukup menjadi perhatian. Pesan notifikasi kegagalan pengiriman email yang diterima peserta kebanyakan berupa notifikasi seperti ini: “Delivery to the following recipient failed permanently”. Berdasarkan hasil laporan dari pengguna web serta pengamatan dan pengujian yang dilakukan sendiri oleh penulis, banyak peserta yang tidak hati-hati dan terburu-buru dalam mengirim email sehingga terjadi kesalahan. Kemudian saat menerima email notifikasi balasan otomatis “delivery to the following recipient failed permanently”, peserta pun tidak berusaha mencoba memastikan kembali apakah email yang dikirim tadi alamatnya sudah benar atau belum. Berikut ini penjelasan penyebab dan solusi masalah gagal pengiriman email “delivery to the following recipient failed permanently”.
Perlu anda ketahui bahwa pesan kesalahan Delivery Status Notification (Failure)memiliki penyebab dan solusi yang berbeda untuk tiap kasusnya. Jadi jangan artikan kalau 10 orang yang mengirim email ke panselpp2016 dan menerima pesan seperti diatas maka 10 orang tersebut mempunyai masalah yang sama. Untuk itu penulis mencoba meminta feedback (umpan balik) dari peserta mengenai email notifikasi yang mereka terima secara lengkap agar bisa diketahui persis masalahnya. Alhamdulillah akhirnya ada juga peserta yang menanggapi permintaan saya.
Dibawah ini adalah contoh notifikasi yang dikirimkan oleh mas Dedy Kurniawan dari Jambi ( tks ya mas..! ):
---------- Forwarded message ----------
From: Mail Delivery Subsystem <mailer-daemon@googlemail.com>
Date: 2016-05-08 0:31 GMT+07:00
Subject: Delivery Status Notification (Failure)
To: kurniawan.1986.dk@gmail.com
Delivery to the following recipient failed permanently:
panselpp2016jambi@outlook.com
Technical details of permanent failure:
Google tried to deliver your message, but it was rejected by the server for the recipient domain outlook.com by mx2.hotmail.com. [65.55.37.72].
The error that the other server returned was:
550 Requested action not taken: mailbox unavailable
>>Jika kita terjemahkan artinya adalah:
---------- Pesan terusan ----------
Dari: Pengiriman Surat Subsystem <mailer-daemon@googlemail.com>
Tanggal: 2016/05/08 00:31 GMT + 07: 00
Subjek: Delivery Status Notification (Failure)
Untuk: kurniawan.1986.dk@gmail.com
Pengiriman ke penerima berikut ini gagal secara permanen:
panselpp2016jambi@outlook.com
Rincian teknis dari kegagalan permanen:
Google mencoba untuk menyampaikan pesan Anda, tetapi ditolak oleh server untuk penerima outlook.com domain dengan mx2.hotmail.com. [65.55.37.72].
Kesalahan yang server lainnya kembali adalah:
550 tindakan Diminta tidak diambil: kotak surat tidak tersedia
Penyebab Masalah :
Perhatikan dengan cermat pada alamat email panselpp2016 dan kode kesalahan 550 yang saya cetak tebal. Penyebab masalah ini sangat sepele yaitu kesalahan penulisan alamat email panselpp2016 yang KURANG TANDA TITIK. Pada notifikasi tertulis jelas panselpp2016jambi@outlook.com padahal SEHARUSNYA panselpp2016.jambi@outlook.com. Akibatnya anda akan menerima notifikasi gagal kirim pesan dengan kode error 550 yang artinya kotak surat tidak tersedia atau alamat email tujuan tidak ada.
Notofikasi kode error 550 juga akan anda terima jika anda salah menuliskan alamat email tujuan seperti dibawah ini yang juga dialami beberapa peserta:
panselpp2016.jateng@outlook.co <kurang 1 huruf (m) pada nama provider outlook.com>
panselpp2016.kalsel@outlok.com <kurang 1 huruf (o) pada nama provider outlook.com>
Solusi Masalah :
Silahkan kirimkan kembali dokumen pendukung anda ke alamat email panselpp2016 dengan penulisan yang benar. Cara mudah untuk melakukan pengecekan apakah anda sudah mengirimkan ke alamat email yang benar mudah saja.
1. Buka folder Pesan Terkirim atau Sent Email.
2. Klik tanda panah kecil dibawah tulisan alamat pansel kemudian pilih Tampilkan detail.
3. Dengan cara ini pastikan bahwa anda sudah menuliskan alamat email tujuan dengan benar seperti contoh yang saya tanda warna merah. Pastikan jangan sampai ketinggalan tanda baca (titik) atau ketinggalan 1 huruf pun saat menuliskan alamat email tujuan panselpp2016.
Contoh Kasus Lain Masalah Delivery Failure
Notifikasi :
Delivery to the following recipient failed permanently :
Technical details of permanent failure:
Google tried to deliver your message, but it was rejected by the recipient domain. We recommend contacting the other email provider for further information about the cause of this error. The error that the other server returned was: 552 552 5.3.4 Message size exceeds fixed maximum message size (state 17).
Penjelasan :
Pesan diatas diterima setelah GAGAL mengirim email ke provider Yahoo.mail.
Penyebab masalah : kode 552-5.3.4 artinya "Ukuran pesan (email yang dikirim) melebihi batasan ukuran pesan maksimum". Atau bahasa gampangnya email yang anda kirim beserta lampirannya ukuran TERLALU BESAR.
Solusi :
Kompresi lampiran email dengan cara kompresi image dan folder dalam format RAR seperti dijelaskan pada artikel Panduan Cara Pengiriman Email. Setiap provider email memiliki limit batasan ukuran pesan yang dapat terkirim dan pesan yang dapat diterima. Jadi ikuti petunjuk dari panitia seleksi bahwa besar lampiran email jangan sampai lebih besar dari 15 MB.
Contoh lain dengan kode masalah: 552-5.7.0 artinya "Pesan diblokir karena isinya mengandung potensi masalah keamanan". Pada kasus ini pesan dianggap sebagai SPAM karena “dicurigai” mengandung konten lampiran yang berbahaya (virus, fishing mail, dll).
Jika ada kawan-kawan yang menerima notifikasi dengan kode kesalahan lainnya, silahkan di-share melalui kolom komentar agar bisa dicari penyebab dan solusinya segera. Sekian dulu penjelasan singkat tentang Penyebab Masalah Delivery To The Following Recipient Failed Permanently ini, dimohon feedbacknya jika dijumpai masalah lain. Terimakasih.